Senin, 16 November 2020

 Kapal Api Kopi Susu

sumber gambar : https://shopee.co.id/Kapal-Api-Kopi-Susu-Bag-(Isi-20-Sachet-Berat-31-Gram)-i.24114453.289342891

Hola hola Kuyer? Selamat datang kembali di channel, eh maksudnya blog kuykumpul.blogspot.com hahaha.. Gimana kabarnya? semoga pada sehat ya para Kuyer yang budiman.

Oke sesuai dengan judul, Bang Kuy kali ini akan membahas mengenai salah satu produk minuman kopi sachet yang bisa dibilang laris, banyak dicari, dan banyak diminati masyarakat Indonesia. Tidak lain dan tidak bukan adalah Kopi Susu by Kapal Api.. Woohoooo.. "Loh bukannya yang hitam yang paling laku ya bang?".. Hmmmm iya juga sih, tapi ini juga banyak yang suka koq. Ya kan?? hahaha. Walaupun tidak ada dasar pasti apakah produk ini terlaris di warkop, tapi Bang Kuy jamin pasti banyak para Kuyer sudah pernah mencicipi aroma dan rasa dari kopi sachet yang satu ini? Ya kan? hehe..

"Bang koq ga bahas yang kopi hitamnya dulu saja?". Hmmmm, oke oke, nanti pasti akan Bang Kuy bahas, dan alasan Bang Kuy review kopi susunya adalah karena Bang Kuy saat ini lagi suka dengan kopi susunya Kapal Api ini. Hmm.. aromanya begitu nikmat dan.... nanti kita bahas di bawah ya wkwk.

Sejarah Awal dan Arti Lambang Kapal Api

Kopi Kapal Api memang menjadi kopi yang dikenal luas di Indonesia, bahkan menurut berbagai sumber produk Kopi Kapal Api itu mencapai 50% dari penjualan produk kopi sachet yang ada di Indonesia loh Kuyer. Ya tentu saja hal tersebut tidak lepas dari peran sang pemilik perusahaan yang bernama Soedomo Mergonoto.

Awal kemunculan produk kopi ini adalah pada tahun 1920 di Surabaya dengan nama awal Hap Hoo Tjan. Pendirinya adalah 3 saudara asal Tiongkok. Mereka setiap hari berkeliling menjajakan kopi dengan menggunakan sepeda di dekat pelabuhan kepada orang-orang sekitar dan pelaut. Dari sinilah awal mula merek Kapal Api tercetus, dikarenakan banyak kapal lalu lalang di pelabuhan yang menginspirasi nama produk Kapal Api tersebut. Hingga pada tahun 1979 Soedomo Mergonoto yang merupakan anak dari salah satu 3 saudara asal Tiongkok tersebut mendirikan PT Santos Jaya Abadi sampai sekarang. PT Santos Jaya Abadi merupakan perusahaan yang menaungi produk Kopi Kapal Api dan produk-produk lainnya sampai saat ini.

Owh iya Kuyer, sebenarnya sejarah di balik  nama Kapal Api dan cerita dari produk tersebut masih banyak lagi, mulai dari perpecahan saudara, penggantian nama, sampai masa kebangkrutan dan gulung tikar. Tapi untuk itu semua tidak akan Bang Kuy bahas detail ya, karena kita hanya fokus kepada review aroma dan rasa dari produk ini ya Kuyer. Atau jika kalian ingin lebih detail kalian bisa cari sejarah kopi di kopidewa.com, di sana banyak sekali pembahasan tentang sejarah kopi loh Kuyer. Haha, berbagi itu indah kan..

Bungkus dan Penampilan

Lanjut ke pembahasan penampilan nih Kuyer. Ingat, penampilan itu juga penting dalam hal nilai jual dan promosi. Disinilah pemilik sebuah produk harus kreatif dalam hal mendesain penampilan pada bungkus produk mereka. Mulai dari tema, warna, serta slogan juga kalau diperlukan.

Nah, Kapal Api Kopi Susu ini bisa dibilang baik dalam hal penampilan, karena dengan warna orange yang digabung dengan warna hitam membuat penampilan bungkus kopi tersebut sangat terlihat elegan (lebay ga sih kalo Bang Kuy bilang elegan?). Ditambah dengan gambar secangkir kopi panas membuat calon konsumen menjadi tertarik untuk mencicipi segelas kopi panas dari produk ini.

Logo Kapal Api yang sangat iconic pada bagian atasnya menjadi hal wajib dan dikenal banyak masyarakat pada produk ini. Tulisan Kapal Api yang besar, dan yang Bang Kuy suka lagi adalah dengan adanya slogan "Secangkir Semangat" yang bisa dibilang membuat Bang Kuy menjadi lebih semangat saat sedang dan sudah menikmati kopi ini. Ya ini sih bisa dibilang sugesti pribadi Bang Kuy ya. Tapi desainer dan tim kreatif dari produk ini patut diacungkan jempol ya Kuyer. Karena hanya dengan dua kalimat "secangkir semangat" dapat memberikan sugesti bahwa dalam secangkir gelas Kopi Susu Kapal Api terdapat jutaan semangat yang dapat membantu kita menjalani hari-hari yang berat, apalagi kalau minum kopinya pagi hari sebelum memulai aktifitas.

Oke tidak perlu lama-lama, langsung saja kita nikmati secangkir kopi Susu Kapal Api ini sekaligus membahas mengenai aroma dan rasanya.. Kuy Seduh..

Kuy Seduh

Ada banyak cara dalam membuat kopi, tapi untuk kopi instan tentu memiliki cara yang cepat dan tidak memakan waktu yang lama. Cukup panaskan air sampai mendidih, lalu tuang sebungkus kopi instan Kapal Api Kopi Susu ke dalam cangkir dan tuangkan air panas yang sudah mendidih tadi ke dalam cangkir yang sudah diisi Kapal Api Kopi Susu tersebut. Aduk-aduk sampai tercampur rata, dan tunggu sebentar sampai ampas kopinya turun semua secara perlahan.

Next sebelum diminum, Bang Kuy ingin menghirup aroma kopinya dulu Kuyer. Hmmmm... Untuk aroma kopi ini saat dihirup menurut Bang Kuy kurang terasa wangi kopi susunya, mungkin karena Bang Kuy sering buat kopi susu secara manual (kopi bubuk dan kental manis), sehingga aroma pada kopi susu instan akan kalah di memory otak Bang Kuy. Aroma kopi ini menurut Bang Kuy hanya sebatas semilir-semilir saja (bahasa apa itu semilir hmmm). Ya sebatas lewat saja. Lalu ampas kopinya pun bisa dibilang cukup lama turunnya, tapi ini adalah seni dari kopi yang ada ampasnya ya kuyer, kalau tidak mau yang ada ampasnya mungkin bisa disaring menggunakan saringan teh atau saringan kopi, dsb.

Nah, Kuy Sruput Kuyer,, Srupptth, Wah, bisa dibilang rasa nikmatnya terasa saat disruput nih, aroma kopi dan susunya sudah mulai masuk, selain rasa manis yang pasti ada pada setiap sruputannya, ada rasa sedikit asin yang membuat rasa Kopi Kapal Api Susu ini terasa seimbang. Menurut Bang Kuy, inilah salah satu kenikmatan yang ada pada produk kopi ini, karena rasa seimbangnya ini merupakan perpaduan yang pas apalagi bagi para Kuyer yang juga merokok.

Satu hal lagi yang membuat kopi susu ini terasa lebih nikmat (apalagi ditambah dengan rokok kesukaan kalian), ada sensasi Gleg juga loh pada kopi susu ini (wah sama seperti rokok saja ada Glegnya wkwk). Eitsss, tapi rasa gleg ini dirasakan setelah beberapa kali menyeruput kopinya Kuyer. Beuuuh, rasa ini pasti membuat kalian ketagihan deh dengan kopi susu yang satu ini. Wajar ya kalau Kapal Api Kopi Susu banyak pecintanya Kuyer.

Kesimpulan

Oke, seperti biasa, tidak enak rasanya kalau pada akhir sebuah kisah atau cerita tidak ada kesimpulan. Ya kan Kuyer.. haha..

Kesimpulan dari produk ini akan terbagi menjadi kekurangan dan kelebihan sebagai berikut

Kekurangan :

  1. Aroma kopi kurang terasa tercium saat dihidangkan.
  2. Ampas kopi tidak terlalu cepat turun
Kelebihan :
  1. Aroma Kopi dan Susunya sangat terasa pas saat diminum.
  2. Rasa manis dan asin yang seimbang, membuat rasa sedikit creamy.
  3. Yang paling mantab adalah ada rasa Gleg pada kerongkongan.
Ya itulah kekurangan dan kelebihan dari produk Kapal Api Kopis Susu menurut pandangan Bang Kuy pribadi ya Kuyer. Intinya, kopi ini memang memiliki rasa yang nikmat dan cocok untuk dinikmati sambil santai. Owh iya, dan juga kopi ini menurut Bang Kuy juga cocok untuk para penikmat kopi pemula, karena bisa dibilang kopinya tidak terlalu kuat (soft) menurut Bang Kuy, jadi hampir tidak membuat asam lambung naik juga untuk kebanyakan orang loh Kuyer. Tapi, kembali lagi kepada kalian, karena ini hanya pendapat dan pengalaman pribadi dari Bang Kuy.

Next kita bahas apa lagi ya Kuyer? Silahkan komen ya Kuyer untuk apa saja yang ingin dibahas oleh Bang Kuy di tulisan selanjutnya. Dan jangan lupa subcribe dan komen (kyak youtube gitu deh wkwk). Btw Bang Kuy juga ada channel youtube, silahkan subcribe juga channel youtube Bang Kuy dengan nama channel Kuy Kumpul, di channel itu nantinya Bang Kuy akan bahas kuliner-kuliner yang menarik dan beberapa kretek juga Kuyer. 

So, jangan lupa untuk share tulisan ini ke teman-teman kalian juga ya. Bye, see you next time.

By : Bang Kuy

1 komentar:

Follow Instagram @KuyKumpul

Wikipedia

Hasil penelusuran

Channel Youtube Kuy Kumpul

Twitter @KumpulKuy

Halaman Facebook Kuy Kumpul

Postingan Populer di Kuy Kumpul

Blog Archive