Selasa, 01 Desember 2020

Rokok Kekinian yang Cocok buat Nongkrong di manapun : Esse Change Applemint

Esse Change Applemint Capsule : Superslim

Esse Change Applemint

Hola-hola, Selamat pagi, siang, ataupun malam dimanapun Kuyer berada. Kembali lagi untuk kesekian kalinya membaca tulisan dari Bang Kuy yaitu Kuy Kumpul. Dimana kita akan membahas konten-konten menarik mengenai dunia kuliner, travelling, tempat wisata, warung kopi pinggir jalan, sampai dunia rokok baik dari yang terkenal maupun belum terkenal a.k.a hanya orang-orang tertentu yang baru tahu. Hmmm, kali ini sesuai judul maka Bang Kuy akan bahas mengenai rokok yang memiliki ukuran slim bahkan bisa dibilang superslim dan termasuk salah satu rokok terkenal di dunia yaitu Esse. WOW (tepuk tangan please...).

Khusus kali ini kita akan bahas salah satu produk ESSE yaitu Esse Change Applemint Capsule. Menurut Bang Kuy rokok ini merupakan rokok dengan model yang gaul serta kekinian banget ya gak Kuyer? Dari segi tampilan awal saja kita sudah disuguhkan pemandangan yang ramai. Langsung saja ke pembahasannya Kuy...

Sejarah Singkat

Oke, seperti biasa Bang Kuy akan sedikit sharing dan cerita mengenai sejarah singkat dari rokok Esse ini. Rokok ini merupakan rokok produksi Korea Selatan dengan nama perusahaan Korea Tomorrow & Global Corporation (KT&G).  Diperkenalkan di negara asalnya tersebut pada tahun 1996, dan mulai masuk di Indonesia tahun 2002.

Dikutip dari tobakonis.com pada tahun 2011, KT&G membeli saham perusahaan rokok PT Trisakti Purwosari Makmur (TPM) sebanyak 60% senilai 140 miliar won atau sekitar 1,12 triliun rupiah. Akuisisi ini dipercaya dapat memperluas promosi produk KT&G dengan memanfaatkan jaringan distribusi TPM. PT TPM berlokasi di Pasuruan, Jawa Timur.

Rokok ini merupakan bentuk dari modernisasi rokok, kenapa demikian? Desain batang rokok yang minimalis (slim) serta kadar nikotin serta tar yang rendah a.k.a Low Tar Low Nikotin (LTLN) menjadi daya tarik dari rokok ini di pasaran. Tak ayal hal ini membuat sebagian wanita pun memilih rokok ini menjadi rokok yang selalu dia bawa dan hisap.

Sebenarnya, banyak sekali macam-macam rokok Esse selain yang ingin kita bahas. Dan yang perlu Kuyer tahu, khusus di Indonesia Esse mengeluarkan varian kretek (rokok dengan campuran tembakau dan cengkeh). Hal ini seakan membuktikan kesiapan serta keseriusan pihak PT KT&G untuk bersaing dengan produk rokok lainnya di pasar rokok Indonesia.

Penampilan pada Bungkus

Dari segi ukuran, Bang Kuy merasa kretek ini sangat pas di kantong (bukan masalah harga loh ya) sehingga mudah dibawa kemana-mana. Ukuran batangnya yang kecil membuat bagian pembungkusnya juga menjadi lebih tipis daripada rokok pada umumnya. Selain itu, seperti yang diungkapkan sebelumnya bahwa desain pembungkus rokok ini sangat ramai dengan nuansa warna biru tua yang berani dan segar serta kekinian.

Bagian depan terdapat tulisan ESSE Applemint Change Capsule sebagai nama merek, lalu terdapat lambang atau ikon tombol "PLAY" pada bagian pojok kanan bungkus rokok ini yang seakan dapat ditekan. Hal ini tentu saja berkaitan dengan teknologi kapsul pada rokok ini dimana kalian harus menekan kapsul rokok ini agar dapat memberikan sensasi serta rasa yang berbeda pada hisapannya. Tak lupa pula sebuah kalimat "LOVE YOURSELF" pada pojok kiri bawah yang seakan mengindikasikan bahwa rokok ini lebih aman saat digunakan (LTLN). Keterangan superslim dan penegasan tulisan kretek pada bagian pojok kanan bawah.

Tampak Bagian Depan

Lanjut ke bagian belakang bungkusnya. Hampir sama dengan bagian depan, yang membedakan adalah tidak adanya ikon "PLAY" pada bagian belakang dan digantikan dengan kutipan atau tulisan "KLIK mengubah jadi applemint segar". Lanjut lagi ke bagian pojok kanan bawah ada keterangan 20 batang, ini menunjukkan isi dari pada 1 bungkus rokok tersebut.

Tampak Bagian Belakang

Untuk bagian samping tidak ada yang spesial, hanya ada informasi kadar tar dan nikotin sebesar  12mg Tar dan 0.8 mg Nikotin. Bagian atasnya terdapat nama merek "ESSE CHANGE" dengan keterangan 2- batang.


Tampak Samping

Tampak Atas

Dari segi penampilan Bang Kuy sungguh kagum sekali, seperti memang didesain untuk kalangan anak muda. Bang Kuy yakin rokok atau kretek ini tidak akan membuat Kuyer malu untuk dibawa ke tempat nongkrog. Ya kan Kuyer??? Komen di bawah ya haha..

Batang Rokok

Untuk membuka bungkus rokok ini sangat mudah dan sama seperti rokok pada umumnya karena sudah ada jalur pembukanya. Hanya saja karena body-nya yang tipis membuat Bang Kuy belum terbiasa sehingga hampir membuat bungkusnya tersobek (harus pelan-pelan membukanya).

Alumuniumfoil pada bagian penutup, berguna melindungi aroma rokok agar selalu terjaga.

Memiliki diameter yang lebih kecil dibanding rokok mild membuat rokok ini terlihat akan memiliki durasi menghisap yang sebentar. Untuk panjang setiap batangnya hampir sama dengan rokok pada umumnya. Terdapat tulisan Esse Change dengan warna biru pada filter penghisap rokok ini. Dan juga terdapat lambang bola yang di dalamnya terdapat kapsul. Jika kapsul itu kita tekan maka akan ada perubahan rasa pada rokok. Rasa apa ya? Kuy simak terus sampai habis.

Perbandingan Rokok dengan Tangan


Kuy Bakar

Mungkin karena Bang Kuy jarang menghisap rokok superslim maka saat Bang Kuy memegang batang rokok ini terasa sangat begitu tipis. Bahkan dimulut pun terasa sangat kecil sekali. Tapi, aroma applenya belum terasa saat pertama kali rokok ini keluar dari bungkusnya, hmmm mungkin harus kita bakar dulu ya Kuyer agar aroma applemintnya tercium.

Saat dibakar rasanya seperti A Mild hanya ada sedikit sensasi berbeda, asapnya begitu soft dan tidak lebih banyak dari A Mild. Hal ini mengharuskan Bang Kuy menarik rokok ini lebih panjang untuk menghasilkan asap yang lebih banyak. Lalu, Bang Kuy mencoba memecahkan bola kapsul yang ada pada filter kretek ini. Setelah dipecahkan dan dihisap maka rasa applemintnya mulai terasa.

Rokok Dibakar

Bola kapsul pada rokok ini merupakan suatu keunggulannya. Tapi Bang Kuy merasa bahwa rasa apple pada rokok ini tidak begitu terasa, bahkan pada hisapan ketiga setelah memecahkan kapsul hanya rasa mint yang masih terasa sampai akhir. Walaupun aroma applenya tidak begitu kuat, tapi rasa manisnya sangat terasa pada hisapan pertama setelah bola kapsul dipecahkan. Namun, secara perlahan mulai menghilang dan hanya rasa mint-nya saja yang masih bertahan sampai akhir.

Kesimpulan

Tanpa terasa sudah sampai pada kesimpulan ya Kuyer, walaupun sebenarnya pembahasan mengenai rokok ini sangat sedikit sekali. Karena menurut Bang Kuy sebenarnya bola kapsul dengan rasa applemint-nya lah yang menjadi aspek pembeda rokok ini dari rokok lainnya. Oke, seperti biasa Bang Kuy akan jabarkan kesimpulan dari rokok ini menjadi kekurangan dan kelebihan.

Kekurangan :

  1. Layaknya rokok rendah nikotin pada umumnya, maka rokok ini juga cepat sekali terbakar walau hanya kena angin saja.
  2. Rasa applemint yang ditawarkan sangat terasa sedikit dan itupun hanya terdapat pada hisapan awal saja setelah memecahkan bola kapsulnya. Dan sisanya hanya menyisakan rasa mentol saja.
Kelebihan :
  1. Menawarkan desain yang futuristik khas anak muda. Mulai dari warna, gambar serta ukuran yang superslim cocok untuk dibawa ke tempat-tempat nongkrong yang hits.
  2. Walau rasa applemintnya kurang terasa, tapi tidak menampik bahwa rokok ini juga membuat kita para penikmat rokok dapat merasakan sensasi yang berbeda dari rokok lainnya.
  3. Nikotin dan tar yang lebih rendah daripada rokok jenis mild pada umumnya.

Ya, sepertinya cukup sampai disini saja pembahasan mengenai ESSE Chage Applemint dari Kuy Kumpul. Untuk keseluruhan rokok ini mempunya cirikhas yang pasti membuat anak muda menjadi tertarik untuk mencicipinya serta tidak malu untuk membawanya kemana-mana. Selain itu, rokok ini juga merupakan salah satu rokok terlaris di dunia saat ini, sudah pasti ada kelebihan-kelebihan lain yang mungkin tidak Bang Kuy bahas karena kurangnya pengalaman dalam rokok ini. Sekali lagi Bang Kuy mengingatkan bahwa tulisan di atas murni dari sudut pandang Bang Kuy pribadi ya. So, kalau ada yang berbeda pendapat bisa langsung komen di bawah ya Kuyer.

Sekian dari Bang Kuy, mohon maaf bila ada salah-salah dalam hal penulisan karena Bang Kuy baru belajar dan mencoba untuk menulis. Jangan lupa juga subcribe channel youtube Kuy Kumpul di Kuy Kumpul atau cari saja channel "Kuy Kumpul" dan follow instagram di @KuyKumpul lalu twitter di @KumpulKuy. Like juga ya halaman FB dari Kuy Kumpul di Halaman FB Kuy Kumpul. Semua medsos dari Kuy Kumpul juga dapat di lihat di sisi kanan dan kiri blog ini via Desktop atau  di bagian bawah via mobile. Dan juga mohon untuk share tulisan ini ke teman-teman, kerabat, saudara dll dari kalian ya. Terima kasih sudah membaca semua ya Kuyer. Bye Bye... Sampai jumpa di konten selanjutnya.

By Bang Kuy.

2 komentar:

  1. Tambah produk lain selain kopi dan rokok dong gan

    BalasHapus
  2. Keren banget gan itu adalah rokok kesukaanku

    BalasHapus

Follow Instagram @KuyKumpul

Wikipedia

Hasil penelusuran

Channel Youtube Kuy Kumpul

Twitter @KumpulKuy

Halaman Facebook Kuy Kumpul

Postingan Populer di Kuy Kumpul

Blog Archive