Selasa, 10 November 2020

Perbedaan & Persamaan Kretek dan Rokok

Antara Rokok dan Kretek

Sumber : Tokopedia.com


Hola, hola... Selamat Pasisoma (Pagi, Siang, Sore Malam) Kuyer.. Akhirnya Bang Kuy bisa nulis lagi, fiuhh.. Gimana nih kabar kalian para Kuyer? Semoga baik dan selalu di jalan yang benar ya wkwk.

Oke, kali ini Bang Kuy ingin bahas tentang salah satu pembahasan yang seringkali menjadi perdebatan antar teman-teman Bang Kuy saat nongkrong. Yaitu perbedaan rokok dengan kretek.. Ada yang bilang "Kretek itu ga ada filternya bang".. Dulu Bang Kuy juga berfikir seperti itu, tetapi selama ini ternyata kita salah. Kretek memiliki arti yang lebih daripada itu, bahkan ada pula rokok yang bukan kretek tapi tetap tidak memiliki filter. Rokok apa itu? Kuy baca terus sampai habis.. muehehe..

Jenis Rokok

Sebelum kita membahas lebih jauh mengenai apa itu kretek? Lalu apakah benar rokok itu beda dengan kretek? Apakah kretek itu tidak menggunakan filter? Maka, alangkah lebih baiknya jika kita membahas sedikit mengenai berbagai macam jenis rokok.

Jika kita membicarakan mengenai jenis rokok, maka akan ada banyak sekali jenis rokok berdasarkan beberapa faktor. Bahkan kretek itu pun termasuk salah satu jenis rokok loh. Hmmm... di sini sudah mulai terlihat kan, bahwa kretek itu ada di dalam varian atau jenis rokok. Kuy kita bahas Kuyer..

Owh iya, seperti yang Bang Kuy sebutkan di atas, kalau banyak sekali jenis-jenis rokok yang didasarkan oleh beberapa faktor, dan kali ini Bang Kuy akan bahas sebagian ya Kuyer. Karena pada tulisan kali ini kita akan fokus pada perbedaan kretek dan rokok tadi.

Oke yang pertama adalah berdasarkan isi atau bahan yang ada pada lintingan rokok tersebut, berdasarkan isinya maka rokok terbagi menjadi 3 :

  1. Rokok Putih : Rokok yang memiliki bahan baku hanya tembakau dan biasanya diberikan saus agar memiliki rasa tertentu. Rokok ini lah yang bisa dibilang awal mulanya sebuah rokok karena hanya terdiri dari bahan baku berupa tembakau. Contoh dari rokok ini adalah Marlboro Merah.
  2. Rokok Kretek : Rokok yang bahan bakunya terdiri atas tembakau dan cengkeh. Nah rokok inilah yang sering disalahartikan sebagian masyarakat Indonesia sebagai rokok tanpa filter. Padahal, pada kenyataan banyak rokok kretek yang menggunakan filter, bahkan ada yang memiliki kandungan tar dan nikotin yang rendah. Contoh daripada rokok kretek ini adalah Dji Sam Soe, Djarum Super, GG Filter, Sampoerna A Mild, GG Mild, dan masih banyak yang lainnya.
  3. Rokok Klembak : Rokok yang isinya sama seperti kretek yaitu tembakau, dan cengkih hanya saja diberi tambahan menyan agar aromanya lebih nikmat. Rokok ini biasa ditemukan di daerah Jawa. Sebenarnya Bang Kuy kurang familiar dengan jenis rokok yang satu ini. Selain itu Bang Kuy juga belum menemukan secara langsung jenis rokok ini di Jakarta. Bagi para Kuyer yang tau lokasi penjualan rokok ini khususnya di Jakarta boleh komen di bawah ya.
Lalu selain itu ada juga jenis rokok berdasarkan proses pembuatannya loh Kuyer. Sebenarnya bagi kalian yang merokok atau hanya sekedar membeli rokok juga dapat membedakan jenis rokok berdasarkan proses pembuatannya melalui bungkusnya. Hal ini biasanya tertera pada samping bungkus rokok, dimana terdapat tulisan SKT, SKM, atau SPT. Untuk lebih jelasnya kuy lihat infonya sebagai berikut :
  1. SKT (Sigaret Kretek Tangan) : Rokok ini merupakan rokok jenis kretek yang proses pembuatanya langsung dengan tangan atau menggunakan alat yang sederhana. Biasanya rokok jenis ini memiliki kepadatan yang sedikit berbeda pada setiap batangnya dalam satu bungkus rokok. Hal ini dikarenakan proses pembuatannya yang masih sederhana. Contoh rokok ini adalah Dji Sam Soe.
    Sumber : Tokopedia.com

  2. SKM (Sigaret Kretek Mesin) : Rokok jenis ini termasuk yang paling digandrungi baik oleh anak muda mau pun orang tua zaman sekarang. Rokok ini merupakan rokok kretek yang diproduksi menggunakan mesin yang sudah didesain cepat untuk membuat rokok. Bahkan bisa mencapai ratusan batang rokok per menitnya. Wah keren ya Kuyer. Contoh dari rokok ini adalah Djarum Super, Sampoerna A Mild, dll.
    Sumber : Tokopedia.com

  3. SPM (Sigaret Putih Mesin) : Rokok ini adalah rokok yang isi bahan bakunya hanya tembakau saja dan proses pembuatannya menggunakan mesin. Seperti dijelaskan sebelumnya biasanya rokok ini diberikan saus pada campuran tembakaunya untuk menambah cita rasa. Contoh daripada rokok ini adalah Marlboro. 
    Sumber : id.pinteres.com

Ya itu lah penjelasan dari Bang Kuy mengenai jenis-jenis rokok. Di atas dijelaskan bahwa yang disebut rokok kretek adalah rokok dengan campuran tembakau dan cengkih ya Kuyer. Jadi, jangan disalahartikan bahwa rokok kretek itu adalah rokok yang tanpa filter.

Warisan dan Sejarah dalam Rokok Kretek

Sebenarnya rokok kretek sendiri adalah warisan dari budaya asli Indonesia. Karena sejarah terciptanya rokok kretek sendiri berasal dari Indonesia. Sekitar abad ke-19 di tangan bapak H Djamari. Hal itu didapat ketika H Djamari yang saat itu mengalami asma lalu mencampurkan cengkeh pada rokok tembakaunya. Karena secara rutin menghisap rokok yang telah dicampur oleh cengkih tadi maka asma dari H Djamari pun sembuh. Hal inilah yang membuat pada saat itu rokok ciptaan H Djamari disebut sebagai rokok obat. Dan karena campuran cengkih yang ada pada tembakau membuat bunyi rokok tersebut saat dibakar berbunyi "kretek kretek", maka rokok tersebut dinamai rokok kretek.

Sejarah yang unik ya Kuyer. Nah satu hal lagi adalah kita patut bangga karena kretek Indonesia juga banyak di ekspor ke berbagai negara saat ini. Bahkan Bang Kuy sendiri pun lebih menyukai kretek Indonesia dibanding rokok putih biasa. Ya karena rasa manis dan aroma cengkehnya yang membuat kretek berbeda dengan rokok jenis lain.

Ya sudah, cukup sampai sini lagi pembahasan mengenai perbedaan rokok kretek dan rokok putih biasa. Jadi lain kali kalau mau berdebat dengan teman kalian maka cukup beritahu mengenai sejarahnya saja kepada teman kalian ya Kuyer. Jangan lupa juga share tulisan ini dan komen di bawah. Lalu mohon dukungannya juga untuk channel Youtube Bang Kuy dengan nama channel "Kuy Ngumpul", subcribe ya karena akan ada video-video menarik di dalamnya. Sampai jumpa, see you next time. Bye.

By : Bang Kuy

0 komentar:

Posting Komentar

Follow Instagram @KuyKumpul

Wikipedia

Hasil penelusuran

Channel Youtube Kuy Kumpul

Twitter @KumpulKuy

Halaman Facebook Kuy Kumpul

Postingan Populer di Kuy Kumpul

Blog Archive